Fenomena Pasien Gangguan Jiwa di Bali Meningkat Semenjak Wabah Corona, Begini Ungkap Psikiater

Reposted from @denpasar.viral ADA YANG ALAMI KECEMASAN BERLEBIHAN SEMETON?
#dpsviral@denpasar.viral

Wabah virus corona atau Covid-19 rupanya membuat banyak masyarakat mengalami kecemasan berlebihan bahkan sampai alami gangguan kejiwaan ringan.
.
Sejak adanya wabah covid-19 ini, jumlah konseling yang berkaitan dengan kecemasan terhadap virus ini bertambah.
.
Tidak hanya ketakutan terhadap wabah virus tersebut yang membuat masyarakat cemas, melainkan dampak ekonomi sehingga berpotensi menimbulkan depresi jiwa.
Hal ini diungkapkan oleh Psikiater dr I Gusti Rai Putra Wiguna Sp.KJ, Sabtu (28/3/2020).
Sejak wabah virus corona ini merebak di Indonesia, sedikitnya ada 20 pasien yang telah ia tangani karena mengalami kecemasan berlebihan akan wabah Covid-19. .
“Kebetulan saya bareng komunitas teman baik kan saya buka konsultasi psiko sosial online gratis.
.
Itu dari seluruh Indonesia, lebih dari 20-an orang yang minta konsultasi. Semuanya kecemasan karena covid,” kata dr Rai. .
Pria yang akrab disapa dr Rai ini menjelaskan, rata-rata pasien konseling yang ia tangani mengalami lebih dari satu keluhan.
.
Rata-rata keluhan pasien tersebut karena stres akibat perekonomian yang merosot drastis akibat wabah corona dan kecemasan berlebihan akan keluarga dan dirinya karena takut tertular corona.

View this post on Instagram

Reposted from @denpasar.viral ADA YANG ALAMI KECEMASAN BERLEBIHAN SEMETON? #dpsviral @denpasar.viral Wabah virus corona atau Covid-19 rupanya membuat banyak masyarakat mengalami kecemasan berlebihan bahkan sampai alami gangguan kejiwaan ringan. . Sejak adanya wabah covid-19 ini, jumlah konseling yang berkaitan dengan kecemasan terhadap virus ini bertambah. . Tidak hanya ketakutan terhadap wabah virus tersebut yang membuat masyarakat cemas, melainkan dampak ekonomi sehingga berpotensi menimbulkan depresi jiwa. . Hal ini diungkapkan oleh Psikiater dr I Gusti Rai Putra Wiguna Sp.KJ, Sabtu (28/3/2020). Sejak wabah virus corona ini merebak di Indonesia, sedikitnya ada 20 pasien yang telah ia tangani karena mengalami kecemasan berlebihan akan wabah Covid-19. . "Kebetulan saya bareng komunitas teman baik kan saya buka konsultasi psiko sosial online gratis. . Itu dari seluruh Indonesia, lebih dari 20-an orang yang minta konsultasi. Semuanya kecemasan karena covid," kata dr Rai. . Pria yang akrab disapa dr Rai ini menjelaskan, rata-rata pasien konseling yang ia tangani mengalami lebih dari satu keluhan. . Rata-rata keluhan pasien tersebut karena stres akibat perekonomian yang merosot drastis akibat wabah corona dan kecemasan berlebihan akan keluarga dan dirinya karena takut tertular corona. Selengkapnya di @tribunbali Via: @jeg.bali #Denpasarviral #odgj #gangguanjiwa #coronavirus #viruscorona #covid19 #covid_19 #denpasar #bali – #regrann

A post shared by Gst Rai (@gstraiwiguna) on

Selengkapnya di @tribunbali
Via: @jeg.bali

1 Response

Leave a Reply